Pages

Rabu, 05 September 2012

E-Commerce



Definisi Ecomerce
  • Internet Commerce atau Ecom atau E-commerce atau Immerce yang pada dasarnya semua sebutan di atas mempunyai makna yang sama.
  • Istilah-istilah tersebut berarti membeli atau menjual secara elektronik dan kegiatan ini dilakukan pada jaringan internet.

  • E-commerce juga dapat berarti pemasangan iklan, penjualan dan dukungan dan pelayanan yang terbaik menggunakan sebuah web shop (toko pada web) 24 jam sehari bagi seluruh pelanggannya.
Keuntungan E-Commerce
  • Revenue stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan, yang tidak didapatkan pada sistem transaksi tradisional.
  • Dapat meningkatkan pangsa pasar (market exposure)
  • Menurunkan biaya operasional (operating cost)
  • Melebarkan jangkauan (global reach)
  • Meningkatkan kesetiaan pelanggan (customer loyalty)
  • Meningkatkan supplier management
  • Memperpendek waktu produksi
  • Meningkatkan rantai nilai pendapatan (value chain)
Model Bisnis E-Commerce
  • Business to Business (B2B)
  • Business to Consumer (B2C)
  • Consumer to Business (C2B)
  • Consumer to Consumer (C2C)
Jenis-Jenis Model E-Commerce
·         Brokerage
·         Advertising
·         Merchant
·         Manufacturer (direct)
·         Affiliate
·         Community 
Penerapan teknologi e-Commerce untuk mengenalkan/memasarkan produk diperlukan : 
1.Katalog OnLine 
  Katalog online digunakan untuk memberikan informasi kepada
pelanggan/calonpelanggan potensial untuk mendapatkan informasi yang lengkap dari
suatu produk.

          2.Transaksi OnLine

  Transaksi OnLine adalah sebuah fasilitas yang disediakan oleh suatu situs e-Commerce kepada pelanggan untuk dapat melakukan pembelian/order barang secara online lewat media internet, transaksi online ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu ;
§  Shopping Cart
§  OnLine Payment
Shopping Cart
  Sopphing Cart software merupakan sistem yang digunakan agar calon pembeli dapat membeli barang-barang yang ditawarkan melalui katalog online , mengawasi account kita setiap saat dan menggabungkan semua aspek e-Commerce pada suatu situs
OnLine Payment
  Menyediakan layanan pembayaran secara online dari transaksi yang sudah terjadi, online payment ini membutuhkan 2 komponen yaitu ;
§  Payment Gateway
§  Certification Authority
Payment Gateway
  Payment Gateway biasanya dimiliki oleh acquirer (institusi finansial tertentu yang mendukung merchant dengan menyediakan layanan untuk memproses transaksi).
  Payment gateway merupakan sistem yang menyediakan service online e-Commerce kepada pasar.
  Diperlukan oleh acquirer untuk mendukung berlangsungnnya proses otorisasi dan memonitor proses transaksi yang sedang berlangsung.
Certification Authority
  Merupakan komponen infrastrukur yang menandai public key milik cardholder, merchant dan atau acquirer manapun payment gatewaynya.
 


Tantangan Ecommerce:


Keamanan
 Kepercayaan dan resiko
konsumen
 Keterbatasan SDM
 Model bisnis
 Budaya
Tantangan ecommerce
 Otentikasi user dan
belum tersedianya
public key
infrastructure
 Masalah organisasi
 Penipuan
 Akses Internet yang
lambat
 Permasalahan
hukum/legalitas.

Sub Klasifikasi E-Com

Mobile commerce (m-commerce):
transaksi dan aktivitas EC dilakukan dengan teknologi
wireless (misal telepon selular)
 Location-based commerce (l-com-merce): transaksi mcommerce
yang ditargetkan pada individu di lokasi dan
waktu tertentu.


0 komentar:

Posting Komentar

Handoko Halim. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

thanks for visit my blog