Pages

Jumat, 28 Desember 2012

Siklus Pendapatan



  1. Ada 4 aktivitas yang dilakukan dalam siklus pendapatan

1.Entri Pesanan Penjualan (Sales Order Entry)2.Pengiriman (Shipping)3.Penagihan dan Piutang Usaha (Billing and Accounts receivable)4.Penagihan Kas (Cash Collection)

*Sales Order Entry

Proses Entri Pesanan Penjualan mencakup 3 tahap :
1.Mengambil pesanan pelanggan, pesanan dapat dilakukan lewat telp, website, toko, atau sales.
2.Persetujuan kredit, umumnya B2B yaitu menjual barang ke perusahaan.
3.Memeriksa ketersediaan barang
Untuk saat ini bisa tambah satu yaitu menjawab permintaan pelanggan Customer Relationship Management (CRM)
CRM membantu mengatur data terinci mengenai para pelanggan sehingga dapat memberikan pelayanan lebih efisien serta personal
Contoh, memberikan informasi barangbarang alternatif, melihat pesanan yang pernah dilakukan sehingga mudah melakukan reorder.


*Shipping

Kegiatan pengiriman barang ada 2 tahapan yaitu
1.Mengambil dan mengepak pesanan, mencetak kartu pengambilan barang sesuai dengan entri order penjualan, kartu ini akan digunakan sebagai
    2.Mengirim pesanan


*Billing and Accounts Receivable

Ada 3 kegiatan dalam hal penagihan dan piutang yaitu
1.Penagihan, dokumen dasar adalah faktur penjualan
2.Pemeliharaan data piutang, ada dua cara yaitu
1.Metode faktur terbuka, pembayaran sesuai dengan faktur yang dikirim
2.Pembayaran gabungan, pembayaran dilakukan sesuai dengan total laporan bulanan.
3.Penyesuaian rekening piutang dan penghapusan, hal ini disebabkan oleh :
1.Diskon
2.Return
3.Tidak sanggup membayar
*Cash Collection
Kegiatan penagihan kas adalah
Menangani pengiriman uang
Menyimpan di bank


0 komentar:

Posting Komentar

Handoko Halim. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

thanks for visit my blog